Thursday 8 October 2015

8 Asap ini Bisa Bikin Kamu Merasakan Penderitaan Asap Di Sumatera


Masih dengan asap, memang asap di indonesia ini tidak pernah habis nya apa lagi musim kemarau tiba, hampir di semua daerah terkana dampak asap ini.

Dan lebih parah nya lagi di sumtra yang asap nya sangat tebal Seperti yang di ulas Malesbanget.com Kayanya ini udah keterlaluan deh, derita masyarakat Sumatera masih terus berlanjut bahkan udah sampe jatuh korban. Coba deh kamu bayangin jadi mereka. Kamu gak bisa napas bebas, pandangan buram, hidungpun kayanya udah gak bisa nampung debu karena asap ada di mana-mana.

Itu lah penderitaan dari masyarakat sumtra kita turut prihatin untuk musibah asap ini, aktivitas warga sana sangat terganggu karena tebal nya asap di Sumatera.

1. Disemprot Knalpot

Kalo kamu pengendara motor atau pejalan kaki, pasti tau banget rasanya muka disemprot sama asep knalpot. Apalagi knalpot Metromini sama Kopaja yang semburannya kaya orang lagi jekpot. Mungkin itulah yang dirasain temen-temen di Sumatera yang lagi bete-betenya sama asep. Kalo kamu sih masih bisa pergi menjauh dari asep meteromini, lah kalo mereka? Mau kemana-mana tetep kena asep. Jadi bayangin aja kamu kesemprot asep kenalpot tapi tiap hari. Bete kan.

2. Ada Fogging
Lagi enak-enak tiduran di sofa trus tiba-tiba ada suara mesin dan gak lama abis itu ada asep tebel banget masuk ke dalem rumah. Gak taunya komplek kamu lagi difoging. Pasti rasanya kesel banget. Ya mungkin kalo komplek kamu difogging sehari tiga kali, dan setiap hari. Kamu bisa ngira-ngira rasanya kaya apa nasib temen-temen di Sumatera. Asep di sana bukannya bunuh nyamuk tapi malah bunuh manusia

3. Sebelah Temen yang Ngerokok
Pasti kamu pernah ngalamin, lagi nongkrong terus duduk di sebelah temen kamu yang ngerokok, sebut aja temen kamu si Bedu. Nah si Bedu ini ngerokoknya nyambung terus, jadi mau gak mau kamu harus keasepan karena asep rokoknya dia. Gak enak banget rasanya, mata pedih, hidung gatel, napas sesak. Hampir samalah kaya temen-temen di Sumatera sana yang lagi keasepan juga. Cuma bedanya kamu masih bisa ketawa-tawa walaupun kena asep rokok si bedu. Kalo mereka mungkin sekarang lagi bengong karena udah bosen nangis

4. Tetangga Bakar Sampah
Ya namanya juga tetangga, pasti ada aja hal nyebelinnya. Apalagi kalo udah mulai bakar sampah. Dia pasti ngerasa kaya yang punya komplek. Gak pake ijin langsung aja bakar. Kamu yang tinggal disebelahnya udah pasti keganggu banget apalagi bauknya gak enak pula. Coba kamu bayangin tetangga kamu terus-terusan bakar sampah tiap hari, pasti seminggu kemudian kamu langsung pindah. Kira-kira temen-temen di Sumatera sana keselnya kaya gitulah, tapi kesel mereka udah sampe tahap pasrah sih karena udah gak tau lagi harus nyalahin siapa, gak kaya kamu yang masih bisa marah-marah sama tetangga kamu

5. Diri Deket Tukang Sate
Diri di deket tukang sate yang lagi bakar sate emang gak enak banget, mata pedih, badan bauk, napas jadi males, tapi gak mungkin kalo gak napas. Temen-temen yang di Sumatera juga keganggu sama asep akibat ada yang dibakar juga, cuma yang dibakar bukan sate melainkan hutan, yang jelas-jelas luas banget dan asepnya jauh lebih banyak. Ya hampir samalah kaya kamu diri deket bakaran sate seharian dan tiap hari.

6. Jalan-Jalan ke Kawasan Industri
Mungkin yang paling mendekati rasanya adalah ketika kamu jalan-jalan ke daerah industri yang banyak pabrik-pabrik gitu. Asepnya kan pasti nampol banget tuh, nah mungkin suasana kaya gitulah yang terjadi juga di Sumatera, Bayangin aja kalo kamu tinggal di sekitar pabrik. Dan gak kemana-mana disitu-situ aja. Masih enak, kalo malem pabrik tutup, lah kalo di Sumatera sana, 24 jam asap everywhere andeverytime, asap di sana gak kenal kata malem, sikat terus.

7. Diri Deket Proyek Pembangunan
Coba deh diri bentaran aja di dalem proyek yang lagi bangun apartement atau perumahan. Pasti baru 10 menit kamu udah males sama debu. Terus, apa rasanya jadi mereka yang tinggal di Sumatera ya? Duh gak kuat deh. Mata dijamin pedih, dan yang pasti kulit bisa lengket, dan jadi aneh gitu. Sementara harus nahan kesel juga karena pemerintah belum bisa nyelesein masalah asap ini.

8. Lagi Nonton Bola di Satdion, Ada yang Bakar Flare
Kalo kamu pecinta sepak bola, dan pernah nonton di langsung di stadion kamu bakal nemu ada tribun yang penuh sama asap. Itu ulah suporter yang nyalain Flare. Kalo kamu mau bayangin rasanya kaya apa jadi temen-temen kita yang kena asep di Sumatera. Coba aja kamu duduk di deket orang yang nyalain Flare. Pasti gak enak banget, udah mata jadi pedih, idung kaya gatel gak jelas. Dan yang pasti pandangan jadi terganggu. Gak bisa nonton bola. Sama kaya temen-temen di Sumatera, pandangan mereka juga terganggu, nyaris gak bisa liat masa depan.
Load disqus comments

0 comments