Sunday 20 September 2015

8 Sutradara Hollywood yang Film-filmnya Wajib Ditonton Sebelum Kamu Mati


Sepanjang sejarahnya, industri film Amerika Serikat dengan Hollywood sebagai citra udah banyak mengorbitkan banyak sutradara handal. Nama mereka terpatri di hati pemirsa berkat sejumlah gambar-hidup berkualitas yang berhasil mengatrol sang sutradara ke level yang lebih tinggi. Maka kamu yang suka nonton pun ada baiknya memperluas referensi dengan menyelami lebih luas dan dalam karya-karya dari:

1.Alfred Hitchcock

Ahlinya merangkai ketegangan, ketakutan, dan kegelisahan menjadi apa yang disebut khalayak luas sebagai psychological thriller. Sering disebut-sebut sebagai sutradara terbaik dari tanah Inggris, walaupun pada akhirnya menjadi warga negara AS pada 1955. Untuk menikmati filmnya, kamu emang harus berusaha lebih dengan mencari unggahannya atau bisa minta aja ke temenyang doyan nonton. Simaklah setidaknya satu film Hitchcock sebelum kamu menutup mata untuk selama-lamanya.
Wajib Baca : 6 Melihat Kepribadian Menurut Bentuk Bibir

2. Christopher Nolan

Idola banyak penggemar film generasi terkini. Emang gak salah. Serupa dengan para pendahulunya di atas, kamu bakal dapet sensasi yang jauh dari kata biasa ketika menyimak film-film Nolan. Top bangetlah pokoknya.

Ada lagi gak sutradara jagoan yang gak masuk daftar? Harusnya masih ada dong secara banyak sutradara berkualitas di dunia, sementara MBDC cuma ngasih delapan tempat. Langsung aja merapat ke kolom komentar ya.
3.Francis Ford Coppola

Walaupun dalam dua dasawarsa terakhir Francis Ford Coppola seakan lupa membuat sesuatu yang bikin orang jatuh hati pada filmnya, namun doi "selamat" berkat prestasinya yang teramat luar biasa pada 70an. The Godfather adalah salah satu yang harus kamu bawa jika misalnya dipenjara seumur hidup dan diperbolehkan membawa 5 DVD film sebagai bentuk penghiburan. Genre gangster harus berterima kasih banyak kepadanya dan sampai detik ini belom ada lagi tema serupa yang mampu untuk setidaknya mendekati Corleone dan kawan-kawan. Kini udah saatnya si anak, Sofia, yang meneruskan talenta emas sang ayah.

4.Martin Scorsese

Penggemar film yang doyan bikin film. Sebagai bagian dari generasi New Hollywood yang turut mengangkat derajat sinema Negeri Paman Sam, produktivitas dan kualitas Scorsese terhitung kelas wahid. Kamu gak usah disebut doyan nonton untuk bertemu dengan karyanya. Yang lahir selama 45 tahun ke belakang pastilah pernah nonton paling tidak satu film arahan Marty yang kerap masukin unsur-unsur ke-New York-an dalam filmnya.
5.Quentin Tarantino


Sebelum sukses besar lewat Reservoir Dogs, Tarantino yang gak lulus SMA ini bekerja di toko rental video dan teater porno. Tapi doi sangat menggemari film dan udah punya visi untuk menyeburkan diri di industri tersebut. Semuanya berubah sejak rilisnya karya yang banyak dipandang sebagai film independen terbaik sepanjang masa. Tarantino sih gak ambil pusing dengan status tersebut dan masih menghasilkan sejumlah film monumental sampai sekarang.

6.Stanley Kubrick

Tema futuristik dan sinematografi unik adalah ciri khas Kubrick. Doi dikenal sebagai pribadi yang perfeksionis, oleh karena itulah Kubrick punya kontrol yang luar biasa terhadap penulisan naskah, penyutradaraan, penyuntingan, sampai pemilihan musik. Banyak filmmaker yang menaruh namanya dalam daftar inspirasi. Spielberg bahkan menyebut 2001: A Space Odyssey sebagai 'big bang' di generasinya.
7.Steven Spielberg

Kepopuleran Spielberg udah gak usah diragukan lagi. Terima kasih atas kesuksesan global alias angka super besar yang dirasakan oleh banyak filmnya. Kamu pernah dengar DreamWorks Studios? Spielberg adalah satu dari tiga pendirinya. Lewat tema sci-fi dan petualangan, salah satu pionir New Hollywood ini turut memantapkan wajah modern sinema Amerika.

8.Woody Allen

Sebelum eksistensi Richard Linklater, udah ada terlebih dulu Woody Allen yang senang mengeksplorasi kehidupan lewat obrolan yang dalam. Allen gemar menyuguhkan pemandangan menarik berupa wanita cantik dan pirang, serta New York. Namun belakangan eksotisme Eropa yang jadi objek latar film-filmnya. Contoh sukses penulis yang berhasil sebagai sutradara. Allen pun cukup menarik perhatian kala membintangi filmnya sendiri.


Load disqus comments

0 comments